Bidadari-Bidadari Surga

30 Apr

bidadari-bidadari surga, seolah-olah adalah telur yang tersimpan dengan baik (QS: Ash-Shaffat:49)

bbs1Bidadari-Bidadari Surga, satu lagi karya Tere-Liye yang mampu membuat saya mengharu biru dan berderai air mata. Sebuah novel yang mengisahkan tentang perjuangan, semangat hidup, cinta kasih, pengorbanan, dan kerja keras. Perjuangan dengan kerja keras melawan semua keterbatasan, dan semangat hidup walau dalam keterbatasan. Secara keseluruhan novel ini mengangumkan. It’s awesome, great, two thumbs up!.

Latar dalam novel ini ada di sebuah perkampungan di pedesaan, Lembah Lahambay namanya. Penduduknya kebanyakan bekerja sebagai petani dan berkebun. Tokoh utama dalam novel ini bernama Laisa. Laisa  mempunyai 4 orang adik. Masing-masing bernama Dalimunthe, Ikanuri, Wibisana, dan Yashinta. Laisa dan keempat adiknya sebenarnya bukanlah saudara kandung. Namun begitu ia mencintai dan menyayangi adiknya sepenuh hati layaknya saudara kandung.

Laisa setiap harinya bekerja di kebun membantu ibunya, mamak Lainuri. Ia harus merelakan putus sekolah saat kelas 6 SD, agar dapat membantu mamak Lainuri bekerja di kebun. Semua itu ia lakukan demi keempat adiknya, agar mereka dapat terus bersekolah. Laisa adalah teladan bagi keempat adiknya. Berkat didikan, kerja keras serta perjuangannya keempat adiknya dapat meraih sukses. Dalimunthe menjadi profesor bidang fisika, Ikanuri dan Wibisana sukses dengan usaha otomotifnya, serta Yashinta yang sukses menyelesaikan S2 di Belanda dengan predikat cum laude. Sementara Laisa sendiri sukses dengan kebun strawberry miliknya.

Secara fisik Laisa tidaklah menarik. Ia cacat karena kejadian menyedihkan ketika ia berumur 9 bulan, sehingga membuat pertumbuhan badannya tidak normal dan berwajah tidak proporsional. Namun begitu, ia tetaplah seorang wanita yang sejatinya menginginkan pendamping hidup. Tapi apa daya, sampai usia kepala empat pun ia belum mendapatkan pendamping hidup.

meski terlahir sendiri, sudah menjadi kodrat manusia untuk berkeluarga, memiliki tempat untuk berbagi, memiliki teman hidup.

Padahal berbagai upaya telah ditempuh oleh Dalimunthe demi menemukan pendamping hidup bagi kakaknya tercinta. Apalagi masalahnya kalau bukan karena keterbatasan fisik. Setiap lelaki yang ingin dijodohkan dengan Laisa selalu mundur setelah bertemu dengannya. Laisa pun berkomentar,

kau tahu, jika suami merasa tersiksa melihat wajah dan fisik istrinya, dan juga sebaliknya, mereka tidak akan pernah menjadi keluarga yang baik. Bukankah kau juga tahu tentang kisah sahabat Nabi, yang meminta bercerai karena fisik dan wajah pasangannya tidak menentramkan hatinya.

Novel ini highly recommended, cocok sebagai hadiah kepada orang terkasih. Banyak pesan moral didalamnya. Kejadian demi kejadian yang dapat membuka mata. Situasi dan penggambaran perasaan yang mampu membuat kita meneteskan airmata. Saya aja sampe menangis tersedu-sedu, huhuhu.

17 Responses to “Bidadari-Bidadari Surga”

  1. Echie 30/04/2009 at 1:36 pm #

    tertarik say baconyo…………………….
    lah lamo dak baco novel………kmaren eci baco kumpulan cerito ttg wanita pemakai jilbab…….

  2. Amel 30/04/2009 at 1:37 pm #

    *masuk di daftar buku yg mw dibeli*:mrgreen:

  3. ucrit 30/04/2009 at 1:40 pm #

    pengen beli..😦 keknya bagus..
    *mendadak sakaw buku*

  4. liez 30/04/2009 at 1:41 pm #

    mau tnya mba.. happy / sad ending ceritanya ? thx b4.. lam kenal..😀

    • erilazura 12/11/2009 at 5:32 pm #

      sbnrny susah sih dibilangin sad ending atau happy endingnya, hrs dtntuin sm c pmbaca
      tp terlepas dr happy / sad endngnya, buku in bgs bgt. kalo kubilang sih ngga bkln nyesel bcnya

  5. indahne 30/04/2009 at 1:51 pm #

    uff…. Bidadari-bidadari syurga, hanya dari syurga, hmmh..

  6. Eriek 30/04/2009 at 3:56 pm #

    pinjam ya nanti
    setelah pinjam, ngga dibaca-baca juga. hihihi:mrgreen:

  7. Nike 30/04/2009 at 5:45 pm #

    Udah lama bacanya…
    bagus-bagus emang bukunya Tere Liye🙂

  8. frozzy 01/05/2009 at 1:50 pm #

    hm, masuk must-read list saya deh kalau gitu.😀

  9. bocahbancar 02/05/2009 at 4:11 pm #

    Hhmm…Iyah sepertinya menariks ekali yawh novel ini…

    Nanti saya coba hunting dulu dech..

    Thanks atas sharingnya..

    Salam hangat Bocahbancar…..

  10. wahyu ¢ wasaka 04/05/2009 at 2:36 pm #

    versi ebook na ada ngga ya…

  11. agung agriza 04/05/2009 at 7:10 pm #

    wah..kyknya asikk .. ntar beli ah🙂

  12. kenangamu 08/05/2009 at 12:56 pm #

    Wew….jadi maw beli Novelnya..
    tapi kayaknya lebih enak minjem dh..
    hehehehe

    Kunjungan balik nieh…

  13. Rudra 12/05/2009 at 5:57 pm #

    Jadi tertarik membacanya, mungkin nanti disempatkan membeli.

  14. lilie novita 08/04/2010 at 1:17 pm #

    bidadari-bidadari surga merupakan novel yang inspiratif dan penuh pesan moral.

  15. fila 13/05/2010 at 6:06 pm #

    alhamdulillah dah baca bukunya…
    sangt inspiratif!!!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kisah Bidadari Surga di Nursery « deezeeka bikin blog - 10/12/2010

    […] nggak banget judulnya. Tapi kalau saya inget nursery, saya suka ingat novel Bidadari-Bidadari Surga Tere Liye. Nursery adalah kebun bibit. Bisa dilihat disini […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: