Mengajar Orang Tua Itu Menyenangkan

8 Feb

Jum’at pagi disela-sela waktu magabut kerja saya, datang lah seorang bapak menemui saya:

Mbak Triana ya? saya Pak Is temennya Pak Suherman (Pak Suherman ini direktur saya di kantor)

Oh iya pak, saya Triana. Ada apa ya?

Saya ini mau belajar, tadi saya sudah hubungi Pak Suherman, beliau lagi ada meeting di kantor sudirman. Saya disuruh kesini temui mbak Triana.

Lalu Pak Is mengeluarkan ponselnya, memperlihatkan ke saya isi SMS dari Pak Suherman. Dan ternyata benar, Babe (baca: Pak Suherman) meminta Pak Is menemui saya. Saya bingung, karena Babe sendiri tidak ada konfirmasi ke saya. Beberapa menit kemudian, barulah Babe menelpon saya dan menjelaskannya.

Hari itu saya diminta mengajari seorang bapak yang bernama lengkap Isnirihadi. Ternyata beliau adalah seorang composer lagu mars Sumatera Selatan yang bertajuk Sumsel Gemilang-lagunya sendiri baru akan di-launching. Beliau juga yang membuat lagu mars PON 2004 lalu.

Jadi ceritanya, Pak Is kesulitan mengoperasikan Windows 7 yang baru terinstall di laptopnya. Sebelumnya beliau menggunakan sistem operasi Windows Vista. Windows 7 yang tidak memiliki game bawaan membuat Pak Is tidak bisa memainkan permainan catur yang biasa Ia mainkan. Selain itu beliau juga bertanya soal piranti lunak yang biasa ia gunakan untuk  mencipta lagu. Saya akui mengajari orang tua seperti Pak Is butuh kesabaran. Maka saya pun harus pelan-pelan mengajarinya. Selama belajar, Pak Is banyak menceritakan pengalamannya sebagai seorang composer dan guru vokal. Beliau juga memperlihatkan beberapa lagu ciptaannya.

Sore harinya, saya pun kedatangan murid private saya sejak tiga bulan lalu. Seorang tante girang bernama Ria. Walaupun sudah berusia 42 tahun, dandanannya masih terlihat seperti anak muda. Selain sebagai istri pegawai Pertamina, tante ria juga seorang pebisnis. Karena kesibukannya lah, ia tidak bisa menepati waktu belajar private yang telah ditetapkan.

Hari itu saya menjadi pengajar dua orang tua, memang agak sedikit susah dan harus pelan-pelan. Kadang mereka banyak tanya yang berulang-ulang. Kadang mereka tidak mengerti diajari sekali. Tapi saya senang mengajari mereka, karena kadang mereka juga suka bercerita dan berbagi pengalaman. Walaupun hari itu sedang tidak fit dan mood juga sedang tidak bagus, saya berusaha mengesampingkan itu. Berusaha menikmati apa yang saya kerjakan, jangan sampai mood menguasai saya. Intinya, cintai lah setiap hal yang kamu kerjakan. Meskipun kamu tidak begitu memiliki passion akan hal itu. Semua yang dilakukan dengan senang hati, akan menghasilkan sesuatu yang baik dan sensasi tersendiri tentunya.😉

5 Responses to “Mengajar Orang Tua Itu Menyenangkan”

  1. yani 08/02/2010 at 1:43 pm #

    good job🙂 tapi asik lho mengajarkan sesuatu kepada orang lain.. aku juga paling seneng mengajarkan ttg gadget kepada (alm) ayahku dulu dan ibuku. mood bisa dikendalikan lho, asalkan tersenyum dan memikirkan yg bahagia2 aja😉

  2. abughalib 10/02/2010 at 9:20 am #

    wow, luar biasa!
    memang mengajar org yg sudah sepuh butuh kesabaran tingkat tinggi, mba ria hebat…!

    btw kalau ngajar org usia 30 th mau ga?
    saya mau belajar privat sama mba ria, hehehe…

    salam hangat

  3. sunarnosahlan 10/02/2010 at 12:11 pm #

    saya punya pengalaman mengajari orang yang lebih tua selama satu tahun ketika masih di Kejar Paket C, kelas sore sebagian besar siswanya adalah para pekerja yang otomatis pula usianya diatas saya, dan sangat mengasyikkan

  4. orange float 11/02/2010 at 11:59 am #

    saya juga seringkali begitu diminta oleh orang yang lebih tua dari saya untuk mengajari segala tentang internet. yah emang butuh kesabaran dan ada seperti kepuasa bahwa ilmu yang kita miliki berguna untuk orang lain. siapa tahu si Bapak atau si tante punya anak cowok ganteng😀

  5. oyen 14/02/2010 at 9:24 am #

    Oyen kalo ngajar pelatihan jg pesertanya daun tua semua, bpak2 semua…beuhh…gak bisa cuci mata deh…xixixi

    tp bener emang hrs ekstra super duper sabar, tp pahalanya jg gede lho…ikhlas ja ya mb

    salam kenal dr mb oyen

Leave a Reply

